Minggu, 5 Mei 2024

Breaking News

  • Tanggapi Keluhan Masyarakat Dalam Kegiatan Jumat Curhat, Polres Siak Datangkan Mobil SIM Keliling   ●   
  • Bupati Kasmarni: Tahniah Kepada Septian dan M Alga atas Penghargaan Suara Pileg Terbanyak se-Riau   ●   
  • TAUFIK HIDAYAT KETUA MPC, PP, INHU, BALON BUPATI, RESMI DAFTAR KE PARTAI NASDEM   ●   
  • Usai Dipugar, Bupati Kasmarni Resmikan Kelenteng Tri Dharma Hun Bin Kuan Siak Kecil   ●   
  • Majukan Pertanian di Meranti, Plt Bupati Asmar Temui Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qalbi.   ●   
Pemilihan Bujang Dara Riau 2014
Frandinata dan Rafinda Terpilih Bujang Dara Riau 2014
Jumat 20 Juni 2014, 01:05 WIB
Frandinata dan Rafinda Bujang Dara Riau 2014

PEKANBARU. Riaumadani.com - Setelah mampu menyaingi sebanyak 24 kontestan bujang dan dara dari tiap kabupaten yang ikut dalam Pemilihan Bujang Dara Riau 2014, akhirnya Frandinata, pria yang merupakan kontestan Kota Pekanbaru tampil sebagai pemenang dan ditabalkan sebagai Bujang Riau 2014. Sedangkan untuk Dara Riau diraih seorang dara cantik dari Kabupaten Pelalawan, Rafinda Fiftarelani.

Sepasang muda-mudi ini dinobatkan sebagai Bujang Dara Riau 2014 pada Rabu malam [18/6] di Hotel Pangeran. Dengan demikian, Frandinata dan Rafinda akan mengemban tugas sebagai duta wisata Riau selama satu tahun ke depan.

Sorak-sorai pun terdengar riuh dari suporter masing-masing kontestan ketika pengumuman dilakukan oleh dewan juri pada dini hari itu. Frandinata usai pengumuman mengatakan kepada wartawan sangat berbahagia sekali atas anugerah yang diterimanya.  Kata pemuda yang memiliki kemampuan menari, bersyair dan nyanyi lagu Melayu itu, tidak ada kiat-kiat khusus sebelum  mengikuti ajang ini. Dia hanya selalu berdoa, memohon restu dari orangtua dan teman-teman.

"Yang terpenting itu terus menggali kemampuan diri, evaluasi dan perbaiki. Terutama selalu memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki," ucap bujang yang saat ini kuliah di fakultas hukum Universitas Islam Riau itu tegas.

Senada dengan itu, Dara Rafinda, siswi kelas II SMA 1 Pangkalan Kuras menyatakan sangat berbahagia hati meskipun tidak menyangka atas keberhasilannya itu. Dara yang mengaku belum banyak pengalaman di bidang model ini menyebutkan anugerah yang diraih ini merupakan langkah awalnya untuk terus belajar dan belajar agar tugas yang diemban ke depan untuk mempromosikan kepariwisataan Riau dapat dilaksanakan sebaik mungkin.

Rafinda juga berpendapat acara serupa ini bagus sekali bagi generasi muda dalam menambah wawasan di bidang kepariwisataan dan kebudayaan Riau."Selain itu, kita juga diberi pemahaman dan pengalaman serta pengetahuan agar menjadi pribadi yang tabah, sabar dan memiliki attitude dan sikap yang bagus," ucap Rafinda sembari wajahnya terus mengekspresikan kegembiraan.

Salah seorang dewan juri, Eri Sandi mengemukakakan, ada beberapa indikator penilaian yang diberlakukan dalam ajang pemilihan Bujang Dara Riau 2014. Penilaian itu, lanjutnya, dimulai sejak peserta registrasi, saat dikarantina sampai tampil di atas pentas. Selain itu yang terpenting adalah brain atau wawasan dan pengetahuan, kemudian behavior atau tingkah laku dan terakhir, beauty yaitu penampilan. "Ketiga hal itulah yang menjadi penentu dalam pemilihan bujang dara. Yang tertinggi itu adalah wawasan dan pengetahuan. Bujang dan dara terpilih tentu saja memiliki kemampuan dari yang saya sebutkan itu terutama dari penilaian kelima dewan juri,"ujar Eri Sandi.

Mewakili Gubernur Riau, hadir dalam acara grand final pemilhan bujang dara Riau 2014 itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Wan Amir Firdaus. Dalam sambutannya, dia mengatakan, keberadaan bujang dan dara hendaknya mampu menjadi generasi muda Riau penuh kesantunan agar dapat tampil sebagai figur yang menjadi tokoh dan tauladan bagi generasi muda hari ini.

"Bahwa hari ini, Provinsi Riau membutuhkan generasi yang cerdas terutama untuk meningkatkan citra daerah. Untuk itu, bujang dan dara yang akan dinobatkan harus memiliki kecerdasan, mampu berkomunikasi dengan baik terutama prihal kepariwisataan," ucapnya sembari menambahkan perlu ditinjau ulang terutama pada penguatan pemahaman budaya Melayu kepada bujang dan dara.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau, Said Sarifuddin mengatakan tujuan dari pelaksanaan pemilihan Bujang Dara Riau 2914 adalah untuk memilih duta wisata Riau yang nantinya memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan potensi kepariwisataan yang ada di Riau ini.**




Editor : Sumber ; RP/TIS
Kategori : Budaya
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top