Selasa, 23 Juli 2024

Breaking News

  • Pemprov Riau Bagikan Bendera Merah Putih Lewat Organisasi dan Paguyuban   ●   
  • Ini dia Catatan Satgas Preemtif Kegiatan Hari Ke-7 Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2024   ●   
  • Pj Gubri Riau SF Hariyanto Lantik 3 Kepala OPD Pejabat Tinggi Pratama (JPTP) Provinsi Riau   ●   
  • Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI) Desak Panitia Seleksi BPK RI Batalkan Pencalonan Mulfachri   ●   
  • Maret Samuel Sueken: integrasi Fasilitas Pendukung di IKN Masih Memerlukan Perhatian Lebih   ●   
Piala AFF U 16 Tahun 2024
Rebut Tempat ke 3 Piala AFF U.16 2024, Timnas Garuda Muda Gilas Vietnam 5-0
Rabu 03 Juli 2024, 19:45 WIB

Rebut Juara 3 Piala AFF U.16 2024, Timnas Garuda Muda Gilas Vietnam 5-0

RIAUMADANI. COM, SOLO - Hasil Timnas U16 Indonesia vs Vietnam dalam perebutan juara 3 Piala AFF U16 2024 ditutup dengan skor 5-0. Gol kemenangan Garuda Muda dalam laga Rabu (3/7/2024) di Stadion Manahan, Solo ini dibukukan oleh Zahaby Gholy (2 gol), Daniel Alfrido (2 gol), dan Dafa Zaidan.

Hasil Timnas U16 vs Vietnam ini memang tidak membuat Garuda berhak atas medali emas AFF U16 2024. Namun, setidaknya Garuda Muda dapat melanjutkan tradisi tidak pernah finis di bawah 3 besar dalam 4 edisi beruntun sejak 2018.

Sebaliknya, bagi Vietnam, lagi-lagi upaya mereka di Piala AFF U16 selalu dihentikan Indonesia dalam 3 edisi pemungkas. Pada 2019, The Golden Star Warriors kalah dari Garuda Muda di perebutan juara 3. Berselang 3 tahun, Vietnam lagi-lagi digagalkan Indonesia, kali ini dalam babak final. Kini, sekali lagi, The Golden Star Warriors roboh oleh Garuda.

Hasil Timnas U16 vs Vietnam ini memang tidak membuat Garuda berhak atas medali emas AFF U16 2024. Namun, setidaknya Garuda Muda dapat melanjutkan tradisi tidak pernah finis di bawah 3 besar dalam 4 edisi beruntun sejak 2018.

Sebaliknya, bagi Vietnam, lagi-lagi upaya mereka di Piala AFF U16 selalu dihentikan Indonesia dalam 3 edisi pemungkas. Pada 2019, The Golden Star Warriors kalah dari Garuda Muda di perebutan juara 3. Berselang 3 tahun, Vietnam lagi-lagi digagalkan Indonesia, kali ini dalam babak final. Kini, sekali lagi, The Golden Star Warriors roboh oleh Garuda.
Baca juga:
Jadwal Lengkap AFF U19 2024 Mulai Kapan & Tayang di TV Apa?
Hasil Timnas U16 Indonesia vs Vietnam Juara 3 AFF Berapa Skor Akhir?
Awal babak pertama, Timnas U16 Indonesia berupaya untuk langsung mencecar Vietnam. Gebrakan Garuda Muda langsung terasa. Belum genap 2 menit, Andi Faith mengirim tembakan yang masih bisa diamankan oleh kiper Xoa Huan Tin.

Namun, Vietnam juga tidak mau menyerah. Tim yang kalah di semifinal lewat gol injury time Thailand tersebut mampu mengimbangi Garuda. The Golden Star Warriors bisa memaksakan 2 tendangan sudut beruntun.

Timnas U16 kembali mengancam ketika lemparan ke dalam Fabio Azkairawan disambut dengan tandukan Andi Faith (25'). Bola mengarah ke mulut gawang Vietnam. Hanya, sekali lagi Huan Tin cekatan menghalau.

Keasyikan menyerang, Garuda dibuat terkejut oleh gempuran mendadak Vietnam dari serangan balik. Bui Duy Dang (26') membuka ruang di sisi kiri pertahanan Garuda sebelum menguji kiper Dafa Al Gasemi. Garuda harus menerima 3 tembakan bertubi, namun semuanya mentah.

Permainan Vietnam yang keras cenderung kasar berbuah beberapa kesempatan bola mati untuk Indonesia. Momentum datang lagi menit 37. Zahaby Gholy mengeksekusi tendangan bebas dari sudut sempit di sisi kiri pertahanan Vietnam. Tembakan lengkungnya dihalau Xuan Tin.

Tekanan Garuda yang tiada henti akhirnya berbuah juga. Umpan terobosan datar Fandi Ahmad membelah dua bek lawan. Zahaby Gholy menyambutnya, melewati Xuan Tin, dan mencetak gol pertama Indonesia di laga ini pada menit 45. Skor 1-0.

Pada injury time babak pertama, kerjasama apik Indonesia berbuah apik. Bermula dari keberhasilan Garuda merebut bola di wilayah tengah, Gholy membuka ruang. Para pemain Timnas U16 tidak egois dengan terus mengumpan ke sisi yang tidak ditutup Vietnam.

Dafa Zaidan yang jadi ujung serangan, mengirim tembakan datar yang menembus gawang Xuan Tin. 2-0 sebelum turun minum.

Tertinggal 2 gol, Vietnam lebih aktif di paruh kedua. Menit 56, The Golden Star Warriors mendapatkan hadiah tendangan bebas usai pelanggaran Tristan Raissa. Namun, tembakan Nguyen Thai Hoa terlalu mudah dibaca Dafa Al Gasemi.

Vietnam melanjutkan permainan kasar mereka. Indonesia kemudian melakukan pergantian dengan masuknya Mierza Firjatullah dan Matthew Baker. Garuda Muda tidak membiarkan Vietnam berkembang. Nyaris saja gol ketiga lahir ketika Evandra Florasta mendapatkan bola bagus. Namun, tekel pemain belakang Vietnam lebih cepat.

Momentum datang lagi pada menit 75. Lewat serangan kilat Garuda Muda nyaris mendapatkan gol via Evandra. Namun, bola disapu pemain Vietnam. Ketika The Golden Star Warriors mengira gawang mereka sudah aman, Garuda merebut bola lagi. Ketenangan Daniel Alfrido di kotak penalti menghasilkan gol ketiga Indonesia.

Garuda belum selesai. Menit 79, Mierza Firjatullah merangsek di sisi kiri pertahanan Vietnam. Ia membuat bek lawan kocar-kacir. Cut back Mierza dituntaskan Gholy untuk jadi gol keempat Indonesia.

Mierza benar-benar menjadi teror bagi Vietnam. Ketika Garuda menjebak lawan dalam serangan kilat, sang nomor 9 dapat melihat posisi Daniel Alfrido yang lowong. Daniel mencetak gol keduanya di laga ini, sekaligus semakin menghancurkan The Golden Star Warriors.

Skor akhir 5-0 untuk Timnas Indonesia. Garuda Muda menjadi juara 3 Piala AFF U16 2024 dengan akhir yang spektakuler. Laga berikutnya adalah Kualifikasi Piala Asia U17 2025.

Pencetak Gol: Zahaby Gholy 45' dan 79', Dafa Zaidan 45+3', Daniel Alfrido 75' dan 82'

Timnas U16 Indonesia (4-3-3): Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan, Ida Bagus Putu Cahya, Putu Panji, Andi Faith; Lucas Lee, Tristan Raissa, Fabio Azkairawan; M Zahaby Gholy, Fandi Ahmad, Josh Holong Jr.

Vietnam U16: Hoa Xuan Tin; Nguyen Hong Quang, Nguyen Manh Cuong, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Luc Chu Ngoc, Nguyen Thai Hoa, Bui Duy Dang; Tran Thanh Bhinh, Nguyen Thai Hieu
(**)




Editor : Tis
Kategori : Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top