Selasa, 23 Juli 2024

Breaking News

  • Pemprov Riau Bagikan Bendera Merah Putih Lewat Organisasi dan Paguyuban   ●   
  • Ini dia Catatan Satgas Preemtif Kegiatan Hari Ke-7 Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2024   ●   
  • Pj Gubri Riau SF Hariyanto Lantik 3 Kepala OPD Pejabat Tinggi Pratama (JPTP) Provinsi Riau   ●   
  • Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI) Desak Panitia Seleksi BPK RI Batalkan Pencalonan Mulfachri   ●   
  • Maret Samuel Sueken: integrasi Fasilitas Pendukung di IKN Masih Memerlukan Perhatian Lebih   ●   
Kunker DPRD Kabupaten Siak ke Disnakertrans Provinsi Riau
H. Sumario, BA Pimpin Kunker Komisi IV DPRD Kabupaten Siak ke Disnakertrans Provinsi Riau
Jumat 28 Juni 2024, 09:20 WIB

H. Sumario, BA Pimpin Kunker Komisi IV DPRD Kabupaten Siak ke Disnakertrans Provinsi Riau


RIAUMADANI. COM, PEKANBARU - Demi menjalankan salah satu fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Bidang pengawasan Komisi IV DPRD Kabupaten Siak melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Kamis (20/6/2024).

Kunjungan tersebut membahas terkait Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Kawasan Industri dan Perizinan Tenaga Kerja Asing di Provinsi Riau dan ke DPRD Provinsi Riau terkait Pengawasan Pemerintah Daerah Dalam Penyerapan Pendapatan Daerah Tahun 2024 .

Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Siak di pimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Siak 𝗛. 𝗦𝗨𝗠𝗔𝗥𝗬𝗢, 𝗕𝗔 dan di ikuti oleh 𝗠𝗨𝗦𝗟𝗜𝗠, 𝗔, 𝗠𝗱 (Sekretaris Komisi IV), dan beberapa Anggota Komisi Lainya yaitu 𝗥𝗢𝗛𝗠𝗔𝗡, 𝗦𝗘𝗟𝗔𝗠𝗔𝗧. 𝗦. 𝗣𝗱𝗶, 𝗛𝗘𝗡𝗗𝗥𝗜 𝗣𝗔𝗡𝗚𝗔𝗥𝗜𝗕𝗨𝗔𝗡 .𝗦𝗛., 𝗠.𝗜𝗣,𝗣𝗔𝗥𝗔𝗠𝗔𝗡𝗔𝗡𝗗𝗔 𝗣𝗔𝗞𝗣𝗔𝗛𝗔𝗡, 𝗦𝗛, 𝗡𝗘𝗟𝗦𝗢𝗡 𝗠𝗔𝗡𝗔𝗟𝗨 𝗱𝗮𝗻 𝗧𝗘𝗥𝗡𝗔𝗡𝗗𝗢 𝗦𝗜𝗠𝗔𝗡𝗚𝗨𝗡𝗦𝗢𝗡𝗚, di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Rombongan Komisi IV DPRD Kabm Siak diterima oleh 𝗠𝗛𝗗. 𝗬𝗨𝗡𝗨𝗦., 𝗦𝗦. , 𝗠. 𝗣𝗵𝗶𝗹 (Kabid Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja), 𝗥. 𝗗𝗘𝗗𝗜 𝗦𝗨𝗛𝗔𝗡𝗗𝗔, 𝗦. 𝗦𝗧𝗣 (Kasi Persyaratan Kerja).

Di selah-selah kunjungan DPRD Siak tersebut ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, H. Sumaryo, BA mengatakan bahwa akan membahas Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Kawasan Industri dan Perizinan Tenaga Kerja Asing di Provinsi Riau.

"Lebih masuk kita dalam pembahasan dan mendorong terkait Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Kawasan Industri dan Perizinan Tenaga Kerja Asing di Provinsi Riau", ucap Sumaryo.

Dari Hasil kunjungan ini Komisi IV DPRD Kabupaten Siak memperoleh beberapa Kesimpulan yang antara lain :

1. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja harus mengikuti PP 35 Tahun 2021.

2. PKWT atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dapat dibuat untuk paling lama 5 tahun, dan bisa diperpanjang jika pekerjaan yang dilaksanakan belum selesai dan jangka waktu PKWT akan berakhir. Ketentuan jangka waktu keseluruhan PKWT beserta perpanjangannya tidak boleh lebih dari 5 tahun.

3. PKWT selama 12 (dua belas) bulan secara terus menerus, diberikan sebesar 1 (satu) bulan Upah, PKWT selama 1 (satu) bulan atau lebih tetapi kurang dari 12 bulan, dihitung secara proporsional dengan perhitungan: masa kerja/12 x 1 (satu) bulan Upah.

4. Terkait dengan pelanggaran perusahaan terhadap Hak-hak Karyawan, DPRD dapat Melaksanakan 𝙋𝙐𝘽𝙇𝙄𝘾 𝙃𝙀𝘼𝙍𝙄𝙉𝙂 secara langsung dengan Karyawan, serta di dampingi oleh pengawas dari Disnaker Provinsi Riau.

5. pada Pasal 189 UU Ketenagakerjaan menegaskan menjelaskan bahwa sanksi pidana penjara, kurungan, dan'atau denda tidak menghilangkan kewajiban pengusaha membayar hak-hak dan/atau ganti kerugian kepada tenaga kerja atau pekerja/buruh.

6. pekerja rentan/individu boleh mendaftarkan bpjs melalui Disnaker Kab/Provinsi, namun untuk karyawan yg gajinya UMR wajib untuk mendaftarkan BPJS, jika tidak bisa dilaporkan ke kepolisian dan akan di tindak sanksi pidana.

7. Disnakertrans Provinsi Riu memiliki wacana website pengaduan secara online demi untuk kesejahteraan karyawan, yang bisa di akses dari manapun hanya dengan memiliki jaringan internet. (Infotorial)

 

 




Editor : Tis
Kategori : Siak
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top