Jumat, 21 Juni 2024

Breaking News

  • PMII Cabang Inhu Kembali Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati   ●   
  • Cegah Praktek Politik Uang, Bawaslu Riau Perketat Pengawasan PSU di 35 TPS   ●   
  • Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Perkuat Komitmen Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme   ●   
  • Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad Ke-6 Ponpes Nurul Furqon   ●   
  • TERKAIT TRUCK ANGKUTAN BATU BARA, MASSA F.MIM DEMO KANTOR BUPATI INHU   ●   
Peresmian Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar
Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Dengan Anggaran Rp 4,8 Triliun
Jumat 31 Mei 2024, 13:52 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Dengan Anggaran Rp 4,8 Triliun

RIAUMADANI. COM, KAMPAR - Jalan tol ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar, Riau diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (31/5/2024). Pembangunan jalan tol itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,8 triliun yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya.

Ruas tol ini merupakan sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera (JUTA)dan bagian dari jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1. Ruas Tol ini memiliki panjang 24,7 km yang dibangun sejak 2019 lalu.

"Menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun, telah selesai dan bisa digunakan," kata Jokowi dalam peresmian seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/5/2024).

Jokowi berharap jalan tol itu terus bersambung. Yakni menghubungkan Kota Pekanbaru sampai ke Padang, Sumatera Barat.

"Ini adalah sirip dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung menyambung dan nanti akan sampai ke dari Pekanbaru sampai ke Kota Padang," ujarnya.

Selain meresmikan jalan tol, Presiden Jokowi dalam forum yang sama juga meresmikan perbaikan jalan daerah di Riau lewat dana Instruksi Presiden (Inpres Jalan Daerah). Jalan Inpres dibangun sepanjang 63 km dengan total anggaran Rp 369 miliar.

"Berkaitan dengan jalan daerah di Provinsi Riau, telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km yang menghabiskan anggaran Rp 369 miliar juga selesai," ucapnya.

Jokowi meminta kepala daerah di Riau untuk membuat jalan inpres daerah itu tersambung dengan kawasan produktif. Sehingga, perbaikan itu akan membawa manfaat bagi mobilitas orang dan barang.

"Saya hanya titip kepada gubernur, bupati, dan walikota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata," kata Jokowi.

Ia berharap kehadiran jalan tol betul-betul ada manfaatnya bagi rakyat untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang dan barang bisa lebih cepat sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain di dunia.

Hadir dalam peresmian jalan tol ini Menteri PUPR Basuki, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan sejumlah pejabat lainnya.
(**)

 

 




Editor : TIS
Kategori : Kampar
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top