Jumat, 21 Juni 2024

Breaking News

  • PMII Cabang Inhu Kembali Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati   ●   
  • Cegah Praktek Politik Uang, Bawaslu Riau Perketat Pengawasan PSU di 35 TPS   ●   
  • Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Perkuat Komitmen Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme   ●   
  • Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad Ke-6 Ponpes Nurul Furqon   ●   
  • TERKAIT TRUCK ANGKUTAN BATU BARA, MASSA F.MIM DEMO KANTOR BUPATI INHU   ●   
PD IWO ROHIL GELAR PELATIHAN JURNALISTIK
Di Ikuti Ratusan Mahasiswa IWO Goes To Campus STAI Rokan
Kamis 30 November 2023, 19:25 WIB

Di Ikuti Ratusan Mahasiswa IWO Goes To Campus STAI Rokan

RIAUMADANI. COM, ROKAN HILIR -Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Rokan Hilir Goes to Campus, dengan tema "Kemerdekaan Pers Demokrasi Bermartabat", serta mengelar pelatihan jurnalistik ada open rekrutmen jurnalistik dihadiri 200 Mahasiswa dari berbagai kejuruan. Kamis,(30/11/2023).

Narasumber yang hadir, Dewan Kehormatan IWO, Fazrul Hidayat Lubis SE, Wakil Ketua PD IWO Rohil, Imran Rido, SHi, MPd dan Ketua PD IWO Rohil Indra Kurniawan Akbar serta dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan STAI Rokan, Zakarsi Pandapotan Siregar,SPdi.

Ketua Yayasan STAI Rokan , Zakarsi Pandapotan Siregar,SPdi dalam sambutanya memberikan apresiasi kegiatan yang bertajuk IWO Goes To Campus.

"Kolaborasi IWO bersama Mahasiswa Kampus KIP STAI Rokan ini baru pertama kalinya dan kedepannya dapat menjadi komitmen bersama untuk saling berbagi dan sharring keilmuan,"Ucapnya

Pemateri pertama Imran Rido ,SHi, MPd menyampaikan kepada seluruh audien tentang literasi jurnalistik, adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pemberitaan atau cara kerja jurnalis (wartawan).

Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar konsumen media menjadi sadar (melek) tentang cara sebuah peristiwa atau isu dikonstruksi (dibuat) oleh wartawan menjadi berita dan diakses.

Dirinya juga mengajak seluruh peserta pelatihan untuk bersama membedah pengertian literasi secara bahasa

Bahwa litêrasi artinya pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, misalnya -literasi komputer (KBBI),Jurnalistik artinya pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan publikasi berita melalui media.

Dilanjutkan oleh Dewan Kehormatan IWO Rohil,Fazrul Hidayat Lubis,SE sebagai tokoh pemuda yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir, dengan memberikan materi terkait kebebasan Pers dan mengedukasikan kepada peserta bahwa Pers adalah bagian dari empat pilar demokrasi.

"Kita harus bangga bahwa Pers merupakan kekuatan keempat dari pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif, yudikatif, hal ini dikarenakan pers merupakan kekuatan penyeimbang dari tiga ranah kekuasaan dan menjadi kanal-kanal atau saluran bagi rakyat dalam menyampaikan aspirasinya,"tuturnya.

Dilanjutkan Fazrul ,"Hal ini IWO sebagai Organisasi Profesi mengambil inisiatif untuk memberikan edukasi pemahaman wartawan sebagai salah satu modal sosial bangsa Indonesia untuk menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara, yang konstruktif dan inovatif."Ucapnya didepan 200 mahasiswa.

Dirinya juga menyampaikan beberapa tahun ini perkembangan jurnalistik khususnya di Bagan Sinembah dan umumnya di Kabupaten Rokan Hilir dalam penyampaian berita dan konfirmasi sudah maju dengan grafik yang signifikan.

"Sangat-sangat sudah maju baik segi dalam penyajian berita maupun dalam etika jurnalisnya terlebih jika kedepanya akan banyak muncul wartawan Intelektual dari Kampus STAI Rokan Ini,"Ucapnya di sambut riuh tepuk tangan peserta.

Diujung kegiatan IWO Goes To Campus dan pelatihan Jurnalistik serta Open Rekrutmen Pers Kampus, Ketua PD IWO Rohil, Indra Kurniawan Akbar di depan seluruh peserta memberikan materi dasar-dasar Jurnalistik.

Dirinya juga menyampaikan tujuan digelarnya IWO Goes To Campus yaitu mengajak seluruh peserta untuk dapat memahami kaidah-kaidah jurnalistik dalam penyampaian berita.

Dan Indra juga berharap kedepanya dari Kampus STAI Rokan ini akan bermunculan Wartawan-wartawan yang berkualitas dengan sisi akademik yang mempuni, sehingga dapat membawa perubahan yang positif.

Di akhir kegiatan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online Kabupaten Rokan Hilir, memberikan plakat dan piagam kepada Yayasan STAI Rokan dan Poto bersama.(Rls/01)




Editor : Tis
Kategori : Rohil
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top