Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Berhadiah Rp55 Juta, KPU Riau Buka Sayembara Maskot dan Jingle Pilgubri 2024   ●   
  • Wabup Rohul Hadiri Acara Prosesi Adat Jalang Monjalang Mamak di Gedung LKA Ujung Batu   ●   
  • Kejari Pasir Pengaraian dan Diskominfo Rohul Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Staff Kejari   ●   
  • Pesan Bupati Kasmarni Kepala Sekolah Harus Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan   ●   
  • Seorang Pria Ngaku Anggota Kodim Pekanbaru Kawal Kayu Diduga Ilegal Loging   ●   
MARHABAN YA RAMADHAN 1444H/2023M
Kamis 16 Maret 2023, 09:01 WIB

RIAUMADANI. COM. PEKANBARU - Menjelang kaum Muslimin dan muslimat memasuki bulan suci Ramadhan 1444H/2023M  kita akan sering mendengar kalimat Marhaban Ya Ramadhan.

Beberapa orang akan mengucapkannya secara langsung maupun melalui media sosial, baliho spanduk atau pun lewat poster. Lantas Marhaban Ya Ramadhan artinya apa?

Mengucapakan Marhaban Ya Ramadhan ketika memasuki bulan Ramadhan telah menjadi kebiasaan. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan yang penuh dengan kemuliaan. Sehingga umat Islam akan menyambut dengan penuh kegembiraan karena banyak sekali rahmat serta hidayah yang diberikan oleh Allah SWT. Tahukah kamu Marhaban Ya Ramadhan artinya apa?

Bulan Ramadhan juga disebut dengan bulan istimewa karena pertama kali Allah menurunkan kitab suci Al-Qur'an. Peristiwa itu disebut dengan Nuzulul Quran, yang artinya peristiwa turunnya surah pertama dalam kitab Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW saat beliau sedang bertafakur di gua Hira.

Selain itu, terdapat pula malam Lailatul Qadar yang disebut lebih baik dari malam seribu bulan. Allah bahkan menjajikan kepada umat muslim yang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan diberi pahala sebanyak seribu bulan dan ditutup pintu neraka olehnya.

Dengan adanya ramat dan kemuliaan yang melimpah pada saat bulan Ramadhan, tak heran jika orang-orang akan berlomba memperbanyak ibadah mereka. Sehingga, pada saat mendekati atau pada saat bulan Ramadhan mereka akan mengucapkan kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui arti kalimat yang sering diucapkan tersebut. Untuk itu simak penjelasan mengenai Marhaban Ya Ramadhan artinya bagi umat Islam.

Marhaban Ya Ramadhan Artinya
Secara bahasa arti kata Marhaban merupakan seruan atau perintah untuk menyambut kehadiran tamu. Sedangkan Ramadhan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Hijriah, di mana umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Maka jika digabung Marhaban Ya Ramadhan artinya selamat datang bulan Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan juga menjadi seruan untuk menghormati dan menyambut datangnya bulan yang penuh kemuliaan atau bulan Ramadhan. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab, marhaban merupakan bagian dari kata ‘rahb’ yang memiliki arti ‘luas atau lapang’. Sehingga Marhaban Ya Ramadhan menjadi bentuk kelapangan dalam menrima atau menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Itulah mengapa banyak sekali orang yang mengucapkan kalimat ini saat datangnya bulan Ramadhan. Dengan ucapan tersebut juga menandakan bahwa mereka bersuka cita dan bersyukur sebab Allah telah mempertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya orang yang paling beruntung adalah orang yang bertemu dengan Ramadha.
Demikian penjelasan mengenai Marhaban Ya Ramadhan artinya apa? Kalimat yang seding diucapkan oleh orang-orang ketika umat Islam telah memasuki bulan Ramadhan. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah serta rahmatNya, kepada kita semua di bulan Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.  Aamiin ya Rabbal 'alamin (*Red*)




Editor : TIS
Kategori : Nasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top