Jumat, 21 Juni 2024

Breaking News

  • PMII Cabang Inhu Kembali Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati   ●   
  • Cegah Praktek Politik Uang, Bawaslu Riau Perketat Pengawasan PSU di 35 TPS   ●   
  • Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Perkuat Komitmen Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme   ●   
  • Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad Ke-6 Ponpes Nurul Furqon   ●   
  • TERKAIT TRUCK ANGKUTAN BATU BARA, MASSA F.MIM DEMO KANTOR BUPATI INHU   ●   
Tempat Wisata Bersama Keluarga
Enam Tempat Wisata instagramable di Pekanbaru Buat Santai Bersama Keluarga Tercinta
Selasa 07 Maret 2023, 06:29 WIB

RIAUMADANI. COM, PEKANBARU - Berkunjung ke Pekanbaru tak lengkap rasanya jika belum mendatangi tempat-tempat wisata di sana. Sebab, di Kota Bertuah ini ada banyak tempat wisata instagramable.

Sejumlah tempat wisata instagramable itu mulai dari wisata alam dan wisata buatan. Untuk wisata alam misalnya Kasang Kulim Zoo hingga wisata buatan Asia Heritage.

Kasang Kulim zoo adalah spot wisata alam di Pekanbaru yang banyak dikunjung waktu liburan. Di lokasi itu ada banyak spot foto instagramable bersama satwa-satwa asli Riau.

Sementara di Asia Haritage, ada destinasi wisata buatan. Daerah perbukitan di jalan lintas Pekanbaru-Dumai itu menjadi salah satu destinasi wisata pilihan.

Berikut rekomendasi destinasi wisata yang instagramable di Pekanbaru:

1. Kasang Kulim Zoo

Kasang Kulim Zoo menjadi destinasi wisata di Pekanbaru yang kebanjiran pengunjung saat hari libur. Banyak pengunjung datang ke Kasang Kulim Zoo untuk berlibur bersama keluarga.

Selain bisa berfoto, di Kasang Kulim Zoo pengunjung bisa membawa peralatan dari rumah untuk camping. Gajah, orang utan, beruang hingga burung-burung dilindungi ada di tempat wisata buka setiap hari dan hari libur dari pukul 08.00 WIB-17.30 WIB dengan harga tiket Rp 15.000-Rp 20.000 ribu per orang.

Lokasinya berada di jalan lingkar dari arah Jalan Garuda Sakti menuju Kubang Raya di Siak Hulu.

2. Asia Heriage

Asia Heritage adalah salah satu destinasi wisata yang hits di Pekanbaru. Destinasi wisata buatan ini dibuka pada tahun 2021 di tengah badai Pandemi Covid-19.

Destinasi ini mengusung empat landmark negara Asia seperti China, Korea, Jepang dan Indonesia. Untuk itu, latar belakang saat berfoto di Asia Heritage seolah telah mengelilingi 4 negara di satu pada tempat.

Asia Heritage buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-18.00 WIB. Untuk tiket masuk Rp 30 ribu per orang.

3. Rumah Singgah Tuan Kadi

Kampung Bandar Senapelan merupakan salah satu saksi sejarah kejayaan Kota Pekanbaru di masa lampau. Di kampung inilah terdapat peninggalan sejarah kuno yang dikenal dengan Rumah Singgah Tuan Kadi.

Rumah panggung dengan ornemen khas Melayu itu menjadi rumah singgah Sultan Siak Sri Indrapura. Rumah Singgah Tuan Kadi letaknya berada tepat di tepi Sungai Siak.

Sempat terlihat tidak terawat, rumah yang kini menjadi situs cagar budaya itu sudah direnovasi. Lokasi ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang Sungai Siak.

Untuk ke lokasi, pengunjung bisa masuk dari Pasar Bawah. Rumah itu bisa dikunjungi setiap hari tanpa dipungut biaya tiket masuk.

4. Asia Farm

Dari Tuan Kadi beralih ke wisata alam, yaitu Asia Farm. Tidak beda jauh dengan Asia Heritage, Asia Farm juga menjadi destinasi wisata yang populer sebelum Asia Heritage diresmikan.

Asia Farm juga mengusung konsep Eropa. Namun ada juga konsep Asia dilengkapi rumah burung, domba dan beberapa yang menjadi spot foto instagramable.

Asia Farm buka setiap hari mulai dari pukul 09.00-18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk yakni Rp 25 ribu per orang bisa mendapat akses ke semua area.

5. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang. Alam Mayang adalah destinasi wisata alam yang berada di Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Di tempat ini tersedia beragam wahana permainan, yang cocok untuk didatangi bersama keluarga, kolega, atau tempat reunian. Lokasinya yang luas dan terbuka, membuat kita akan leluasa menikmati hari libur untuk bersantai di sini.

Suasana di Alam Mayang terasa begitu sejuk dan menyegarkan dengan adanya berbagai jenis pepohonan yang tumbuh subur dan rindang. Tentu saja mengelilingi areal objek wisata tersebut.

Beberapa spot foto instagramable juga tersedia di tempat tersebut. Sama seperti Kasang Kulim, Alam Mayang juga buka dari pukul 08.00-17.30 WIB setiap hari dan hari libur

Untuk tiket masuk bervariasi, dewasa Rp 20 ribu dan anak-anak Rp 15 ribu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk berwisata ke Alam Mayang.

6. Danau Buatan

Danau Buatan di Pekanbaru bisa menjadi destinasi yang menarik. Danau yang sempat populer karena event PON di tahun 2012 ini memang menawarkan keindahan luar biasa.

Dahulu, danau ini hanya berupa area irigasi dari Sungai Ambang. Seiring berjalannya waktu, alirannya semakin melebar dan membentuk sebuah danau. Tak heran jika akhirnya tempat ini disulap menjadi destinasi wisata danau buatan yang memukau.

Jika berkunjung ke Pekanbaru, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan. Adapun lokasinya sendiri berada di Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Riau tepanya ada di Kelurahan Lembah Sari.
Harga Tiket Masuk ke Danau Buatan Pekanbaru

Danau buatan ini sangat cocok dipilih bagi yang ingin berlibur murah meriah bersama keluarga. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 saja. Dengan tiket tersebut, wisatawa suah bisa berkeliling danau dan menikmati pemandangan luar biasa di sekitarnya.

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke danau ini, ada baiknya mengetahui jam operasionalnya terlebih dahulu. Adapun Danau Buatan ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Pengunjung bisa datang sendiri ataupun ikut bersama agen travel.

Fasilitas Danau Buatan Pekanbaru

Fasilitas yang ada di danau buatan bisa dibilang sudah memadai. Mengingat pengelolaannya yang cukup baik sehingga pengunjung tidak akan kesulitan soal fasilitas standar. Misalnya berupa toilet dan mushola yang letaknya tidak jauh dari objek wisata ini.

Para pengunjung pun bisa berlibur dengan tenang. Begitu pula dengan tempat makan yang tersedia di sekitar danau buatan ini sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan.

Terdapat jembatan kayu yang biasanya dijadikan tempat berfoto bagi anak-anak muda. Bagi yang ingin merasakan sensasi berpiknik, disini sudah tersedia beberapa gazebo yang juga biasa digunakan untuk bersantai.

Di gazebo tersebut, pengunjung akan dibuat terpukau dengan view Danau Buatan secara langsung. Perairannya yang tenang begitu membuat pikiran lebih fresh dari sebelumnya.

Tidak perlu khawatir, bagi yang ingin berbelanja souvenir bisa mendapatkannya di sekitar tempat wisata ini. Tidak jauh dari tempat souvenir,  kamu juga bisa menikmati beraneka ragam kuliner yang harganya cukup terjangkau.
Spot Menarik di Danau Buatan Pekanbaru

 Meskipun objek wisata ini merupakan danau buatan, namun keasriannya begitu terasa asli. Tempat ini jauh dengan konsep modernisasi sehingga terasa sangat menenangkan. Tak heran jika tempat ini bisa mengalihkan pikiran dari penatnya rutinitas.

Sebagian besar objek wisata dengan konsep buatan menampilkan modernisasi. Hal ini tidak akan ditemukan pada Danau Buatan ini yang justru terlihat asri dengan pesona rerumputan dan pepohonannya.

Bagi pengunjung yang datang di siang hari, tidak perlu khawatir akan kepanasan. Tempat ini memiliki lingkungan yang asri sehingga ada banyak pepohonan yang bisa dijadikan tempat berteduh.  (*)




Editor : TIS
Kategori : Hiburan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top