Jumat, 21 Juni 2024

Breaking News

  • PMII Cabang Inhu Kembali Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati   ●   
  • Cegah Praktek Politik Uang, Bawaslu Riau Perketat Pengawasan PSU di 35 TPS   ●   
  • Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Perkuat Komitmen Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme   ●   
  • Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad Ke-6 Ponpes Nurul Furqon   ●   
  • TERKAIT TRUCK ANGKUTAN BATU BARA, MASSA F.MIM DEMO KANTOR BUPATI INHU   ●   
Abrasi Sungai Rokan di Rokan Hulu
Belasan Rumah Warga Desa Kepenuhan Timur Rohul Terancam Abrasi Dibibir Sungai Rokan
Minggu 01 Januari 2023, 21:59 WIB

RIAUMADANI. COM. ROHUL, Pasir Pengaraian - Meski Sudah bertahun-tahun dan sudah berulang-ulang Proposal diajukan, hingga awal bulan Januari tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Rokan hulu dan Provinsi Riau, juga Pemerintah Pusat belum juga ada perhatian terhadap pembangunan turap di Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 

Setelah adanya keluhan dari warga dalam Group WhatsApp Rohul tanggal 29 Desember 2022, pada tanggal 30 Desember 2022, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil I Riau, juga Mantan Bupati Rohul dua periode Pamong Drs. H.Achmad, M.Si langsung melakukan peninjauan dan Vidcon dengan Pejabat pemerintah Pusat untuk menindaklanjuti serius aspirasi masyarakat, Pembangunan Turap Penahan Tebing Sungai Rokan di Desa Kepenuhan Timur tersebut.

Ketika ditemui awak media via telepon, H.Achmad MSi mengatakan bahwa tentang terjadinya abrasi sungai Rokan di Desa Kepenuhan Timur sudah menjadi perhatian kami, dan hal ini akan kami sampaikan kepada Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu, karena abrasi ini telah menganggu perekonomian masyarakat bahkan belasan tempat tinggal keluarga, apalagi kami hadir langsung saat ini dalam rangka reses berkesempatan mengumpulkan dan meninjau langsung data-data aspirasi masyarakat Rokan Hulu,” ujar beliau.

Turut hadir dari Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Kades Kepenuhan Timur Azhar AS bersama Masyarakat Yang punya rumah yang dipinggir sungai Rokan tersebut.

Kades Azhar mengatakan tebing sungai Rokan di wilayah desa nya terus abrasi dihantam sungai setiap banjir sungai Rokan di wilayah Desanya tersebut.
Proposal setiap tahunnya sudah sering diberikan ke berbagai Instansi diantaranya ke Dinas PUPR dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III di Kota Pekanbaru

“Di Pinggiran Sei Rokan di Desa Kepenuhan Timur ada beberapa Jumlah rumah yang bakal segera terancam ikut longsor ke Sungai kurang lebih ada 16 buah rumah, jika dibiarkan melewati putusnya jalan poros lintas provinsi tersebut, disitu dusun padat pemukiman dan ppenduduk,” ungkap Kades Azhar, Ahad (1/1/2023).

Lanjutnya, Luas Abrasi Sei-Rokan perlu sekali dibangun Talut atau di Turab itu sekitar 1 Kilometer. Permohonan masyarakat berharap tahun 2023 ini ada realisasi dari Pemerintah, Kabupaten Rohul, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat.

 

Sementara itu salah seorang warga desa Kepenuhan Timur mengatakan,“Bukti dari Proposal kami sudah berulangkali, sehingga yang sering turun ke lokasi Abrasi itu sudah banyak juga, mulai dari Gubernur Sekarang waktu kampanye, Bupati Rohul, BWS dan PUPR Provinsi Riau, BPBD Kabupaten Rohul, Anggota DPRD Provinsi dan lainnya, kali ini kami tanya lagi, apa lagi ini sudah dekat Pemilu,” kata Warga yang rumahnya di pinggiran sungai Sei Rokan itu (bernas/ip).




Editor : Tis
Kategori : Politik
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top