Selasa, 4 Oktober 2022

Breaking News

  • Pemerintah Desa Meskom Bagikan Bibit Tanaman Rambutan Binjai Bantuan Dana Bermasa   ●   
  • Kepala Desa Sebauk Kecamatan Bengkalis Bagi-bagi Bibit Tanaman ke Warganya   ●   
  • Bank Dunia Keluarkan Laporan 13 Juta Warga Indonesia Jadi Orang Miskin Baru   ●   
  • Polres Meranti Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022   ●   
  • Polres Siak Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning - 2022,   ●   
Apel Hari Jadi Provinsi Riau ke-65 Tahun 2022
Peringatan Hari Jadi Riau ke-65 Penuh Hikmat, Sambutan Gubri Syamsuar Sangat Menyentuh Hati
Selasa 09 Agustus 2022, 13:42 WIB
Sambutan Gubri Syamsuar pada Apel peringatan HUT ke 65 Provinsi Riau, Selasa (9/8/22).

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau serta segenap masyarakat yang ada di Provinsi Riau merayakan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022 yang jatuh pada Selasa (9/8/22).

Serangkaian perayaan tersebut, juga dilakukan upacara peringatan HUT ke-65 Provinsi Riau tahun 2022, di halaman Gedung Daerah Provinsi Riau. Adapun yang bertindak sebagai inspektur acara tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar begitu petah bercerita tentang sejarah terbentuknya Provinsi Riau, hingga menyentuh hati.

Momentum peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022, kata Gubri Syamsuar, dia mengajak masyarakat Riau untuk sejenak melihat kembali sejarah panjang yang telah mengantarkan Provinsi Riau sampai pada usia 65 tahun pada hari ini.

Gubri Syamsuar menerangkan, cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari sebuah tonggak sejarah dengan diselenggarakannya Kongres Pemuda pada tanggal 17 Oktober 1954. Kongres yang digelar di Pekanbaru ini merupakan sebuah puncak kebulatan tekad seluruh masyarakat Riau untuk menentukan
masa depannya.

Ia menjelaskan, kongres ini menghasilkan sebuah kesepakatan dan tekad untuk menjadikan Riau sebagai provinsi mandiri, berdiri di atas marwah dan kedaulatannya sendiri.

Berbekal hasil Kongres itulah, utusan masyarakat Riau datang menghadap Menteri Dalam Negeri, dengan hasrat mulia, guna memberikan sesuatu yang terbaik bagi Negeri Melayu dengan menyampaikan kebulatan tekad untuk membentuk Provinsi Riau.

Akhirnya, pada tanggal 9 agustus 1957 Presiden Republik Indonesia Soekarno di Denpasar Bali menandatangani Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957, yang kemudian diterbitkan pula Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958.

“Alhamdulillah, pada tahun ini, Presiden
Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 25 Juli 2022, telah menandatangani Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau, dimana undang-undang tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan daerah saat ini,” ucapnya, pada apel peringatan HUT ke 65 Provinsi Riau, Selasa (9/8/22).

Gubri Syamsuar menerangkan, puncak Peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022 ini dengan suasana yang semarak, sembari mengenang kembali jalinan sejarah berdirinya Provinsi Riau sarat dengan nilai-nilai moral dipersembahkan secara tulus oleh tokoh tokoh pemuda, pejuang maupun masyarakat Riau yang telah berjasa mendirikan Provinsi Riau pada masanya.

“Mari kita doakan, semoga almarhum/almarhumah para Pejuang yang telah berjasa dalam perjuangan mendirikan Provinsi Riau, mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah, dan untuk para Pejuang yang masih hidup, semoga selalu diberikan kesehatan,” ungkapnya.

Mantan Bupati Siak dua periode ini menuturkan, sejatinya sejarah selalu menyimpan sukacita tentang kegemilangan, dan dukacita tentang harapan akan mimpi dan cita-cita mulia yang dihadapkan pada kenestapaan.

Karena itu menurutnya, pada masa ini semua pihak hendaknya mampu menjadikan sejarah sebagai cermin, maka Provinsi Riau akan semakin berdaya dengan kemampuan yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia Riau.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, sebagai negeri yang dianugerahi kebudayaan dan sumber daya alam yang berlimpah, maka kesyukuran harus senantiasa diiringi dengan perbuatan yang berarti.

“Sehingga Riau bertamadun dengan Melayunya, dengan segenap kebudayaan dan keberagamannya menuju kemaslahatan bagi masyarakatnya,” tutupnya.

Tampak hadir pada upacara itu, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, anggota Forkopimda Riau, Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau pada masanya, bupati/wali kota se-Riau, kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, serta tamu undangan lainnya.

Gubri Syamsuar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran para tokoh dan tamu undangan lainnya dalam momentum peringatan HUT ke 65 Provinsi Riau.

Ia mengajak semua pihak untuk memanfaatkan peringatan HUT ke-65 Provinsi Riau untuk bersama-sama sepakat membangun negeri menuju Riau lebih baik dan Indonesia maju.

“Selamat Hari Jadi ke 65 Provinsi Riau, semangat Riau unggul kita maklumat agar masyarakat maju dan negeri berjaya,” ujarnya.

Pada apel bersempena HUT ke 65 Riau tersebut sekaligus diberikan penghargaan kepada beberapa insan kreatif dan tokoh kreatif di Provinsi Riau.

Adapun beberapa insan kreatif yang memperoleh penghargaan tersebut diantaranya Megi Irawan, Angkasa Architecture, Jailani Sidiq, Riau Rhythm, Gege’s Garage, Adhari Dona, Thiffa Qaisty Salsabila, Tepak Squad, Wahyu Kurnia Putra, Kiara Ayudhya Darmawan.

Selanjutnya anugerah budaya untuk tokoh dan pelaku budaya diberikan kepada almarhum Al-Azhar, tuan guru Syafrudin, toko budaya Mashuri, Rodyah, Fakhri Smekot, Syafrudin Tatung, Indra Maulana, Musrial Mustafa dan lain-lainnya. (Red/MCR)




Editor : Tis
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top