Kamis, 28 Maret 2024

Breaking News

  • Anggota DPRD Meranti H. Musdar, S.Pd Menggelar Sosialisasi Tentang Perluasan Perda No 10 Tahun 2012.   ●   
  • Plt Bupati Asmar Serahkan LKPD Tahun 2023 ke BPK RI Perwakilan Riau   ●   
  • Pemkab Meranti Peringati Nuzul Qur’an di Masjid Agung Darul Ulum Selat Panjang   ●   
  • Sekda Meranti Ajak Seluruh Pihak Serius dan Jaga Konsentrsi Laksanakan Percepatan Penurunan Stunting   ●   
  • REZITA MEYLANI YOPI, BUPATI INHU RESMIKAN SPKLU PERTAMA UNTUK MOBIL LISTRIK   ●   
MTQ Riau ke-XL Tahun 2022 Rohil
Tak Dapat Dukungan Pemkab, Kafilah Kepulauan Meranti Rebut Juara Umum 7 MTQ ke-XL Riau 2022
Sabtu 30 Juli 2022, 05:58 WIB
Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti yang berangkat dengan peserta dan biaya yang minim ini malah membuktikan dengan sukses masuk 10 besar dengan meraih juara umum 7 MTQ XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022, dan berhasil

BAGANSIAPIAPI - Meskipun tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, tidak membuat kafilah MTQ patah semangat. Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti yang berangkat dengan peserta dan biaya yang minim ini malah membuktikan dengan sukses masuk 10 besar dengan meraih juara umum 7 MTQ XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022, dan berhasil memboyong empat juara I, dua juara II dan satu Harapan II.

Pengumuman tersebut dibacakan oleh dewan hakim pada acara penutupan MTQ Riau di Kabupaten Rokan Hilir, Jum'at (29/7/2022) malam.

Prestasi itu pun seakan menyingkirkan anggapan orang-orang yang menyebutkan para qori dan qoriah tidak berkualitas.  Raihan tersebut menyamakan posisi tiga tahun lalu, dimana pada MTQ ke XXXVIII tingkat Provinsi Riau tahun 2019 di Kabupaten Kampar, Kepulauan Meranti juga berada di posisi 7.

Kabupaten yang berjuluk Negeri Sagu yang meraih 26 poin juga sukses mematahkan dominasi Kabupaten Rokan Hulu yang meraih gelar juara umum tiga kali berturut-turut sejak 2013 hingga 2015. Rohul sendiri harus terdepak ke posisi dibawah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan poin yang sama, yang hanya mengoleksi tiga juara I.

Official pendamping Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti, Zulkhairil mengatakan, hasil yang diraih kontingen MTQ Kepulauan Meranti ini, berkat kerja keras seluruh pihak yang membantu memberangkatkan kafilah.
Dimana dalam MTQ Riau 2022, kafilah tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah.

"Alhamdulillah, kita berhasil berada di peringkat 7 walaupun peserta kita minim dan tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Ditambahkan Zulkhairil, bahwa keberangkatan kafilah mengikuti MTQ Riau itu juga untuk menjawab keprihatinan orang-orang yang mengatakan para qori dan qoriah tidak berkualitas.

"Prestasi ini juga untuk menjawab keprihatinan orang-orang yang mengatakan kita ini tidak berkualitas dan menjawab tantangan yang telah melontarkan pernyataan itu. Dimana seharusnya perhatian itu diberikan oleh rumah besar yang bernama pemerintah daerah," ucapnya.

Semua qori dan qoriah asal Kepulauan Meranti yang berjumlah 7 orang yang diikutsertakan dalam MTQ Riau 2022 tersebut semuanya meraih juara.

Adapun raihan qori dan qoriah Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut antara lain empat juara 1 diraih oleh Abdurrahman Sulaiman Saputra Hifzhil Qur'an 1 juz cabang Tilawah, Gusnanda Tartil Qur'an 3-8 juz cabang Tuna Netra, Eko Sarjono Tartil Qur’an 5-10 juz cabang Qiroat Mujawad dan Azza Afkarina cabang Hifzhil Qur'an 5 juz

Sementara juara 2 diraih Muhammad Habbibul Haq Al Hanif, Hifzhil Qur'an cabang 10 juz dan Yogi Zatmika
Khaththil Qur’an cabang dekorasi.  Sedangkan juara Harapan 2 diraih oleh
Laila Tartil Qur'an 9 juz cabang Tartil.

Dengan raihan tersebut, Kepulauan Meranti berada di atas Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Dumai.

Diberitakan sebelumnya, setelah resmi mendaftarkan sebanyak 14 qori dan qoriah untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XL Provinsi Riau di Kabupaten Rokan Hilir, tiba-tiba saja LPTQ Kepulauan Meranti memberikan kabar tidak memberangkatkan para kafilah karena tidak diberi izin oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil.

Saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi alasan Bupati berpikiran seperti itu yang terkesan memberikan harapan palsu.

Bupati juga menyebutkan pengiriman kafilah untuk ikut MTQ Riau juga bergantung pada kualitas dari qori dan qoriah itu sendiri.

"Kalau memang memungkinkan Meranti itu bisa tampil di MTQ Riau, berangkatlah. Tapi kalau suaranya ceper nggak usah, ngabiskan duit saja. Duitnya untuk para pengajar-pengajar itu saja," kata Bupati saat berpidato di pembukaa  MTQ Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu.

Diberitakan terdahulu, Bupati Kepulauan Muhammad Adil memberi sinyal, kemungkinan tahun 2022 ini Kepulauan Meranti tak akan mengirim kafilah ke MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Bupati berkali-kali dalam berbagai kesempatan, termasuk saat membuka pelaksanaan MTQ ke 13 Kecamatan Merbau di Kelurahan Teluk Belitung pada Februari 2022 lalu.

Bupati menginginkan ketika Kepulauan Meranti mengirimkan kafilah, harus menjadi juara pertama. Namun, jika dipandang belum maksimal, maka kafilah Meranti akan absen tahun ini.

"Kalau tak juara satu tak usah dikirim. Sudah mantap, baru kita berangkat," kata Bupati

Setelah berpolemik, akhirnya LPTQ mendaftarkan secara resmi. Namun hal itu tiba-tiba saja dibatalkan sehari jelang keberangkatan.  Akhirnya para qori dan qoriah terpaksa berangkat mandiri tanpa adanya dukungan biaya sepeser pun dari Pemkab Kepulauan Meranti. Berbekal dengan semangat,
mereka pun berangkat dengan dana seadanya hasil donasi masyarakat yang telah terkumpul sebelumnya, simpati masyarakat yang mempunyai rasa kepedulian tinggi terhadap syiar agama Islam tersebut.

Tidak sampai disitu, setibanya di Kabupaten Rokan Hilir, kafilah juga tidak mendapatkan perhatian, justru hal itu malah diberikan beberapa pihak yang terenyuh melihat kondisi para qori dan qoriah, bukan dari unsur pemerintah daerah Kepulauan Meranti.

Mereka diantaranya mantan ASN Kepulauan Meranti, Rony Samudra, mantan Gubernur Riau, Wan Abu Bakar, anggota DPR RI, Syamsurizal dan Sekretaris LPTQ Pusat, Rijal Ahmad Rangkuti didampingi Ketua LPTQ Provinsi Riau, H Ahmad Syah Harrofie dan mantan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir. (**)





Editor : TIS
Kategori : Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top