Kamis, 27 Februari 2020
  Wako Firdaus: Sebelum Ramadhan, TPS Sekitar Sukaramai Trade Centre Sudah Bersih | Provinsi Riau Raih Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional | Pemkab Laksanakan Forum Konsultasi Publik Renja Pemda 2021 di Poltek Bengkalis | Pemprov Riau Gelar Rapat Persiapan Haji dan MTQ Tahun 2020 | Atasi Kebakaran Lahan, Kapolres Kampar Langsung Turun Dampingi Anggota Lakukan Pemadaman | Bupati Kampar Lantik 31 Kepala Desa Masa Bakti 2020-2026, Hasil Pilkades Serentak 2019
 
Sabtu, 25/01/2020 - 13:06:58 WIB | Tis | Bengkalis
PANEN RAYA
Bupati Amril Memulai Secara Resmi Panen Raya Padi Desa Harapan Baru

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM, bersama istri Kasmarni, S.Sos, M.MP, Sabtu pagi (25/01/2020) secara resmi panen raya di areal persawahan desa Harapan Baru ini. 
TERKAIT:
MANDAU. RIAUMADANI. COM - Tak berapa jauh dari hiruk pikuk Jalan Lintas Duri-Pekanbaru, tepatnya beberapa km dari Jalan Wonosobo Sebanga yang berbatasan langsung dengan pagar kawat PT Chevron Duri, tersimpan potensi pertanian yang luar biasa.

Disana terbentang puluhan hektar sawah dengan padi yang menguning dan siap panen tepatnya didesa Harapan Baru, Kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis. Ini merupakan bukti potensinya budidaya pertanian di kota yang lebih terkenal dengan penghasil minyak ini.

Menyambut panen raya dengan petani di desa ini, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM, bersama istri Kasmarni, S.Sos, M.MP, Sabtu pagi (25/01/2020) tiba di areal persawahan desa Harapan Baru ini.

Kedatangan bupati yang membawa rombongan besar sejumlah Perangkat Daerah (PD) disambut gembira ratusan petani yang juga hendak panen raya.

Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Bupati Amril membuka panen raya padi itu. Sepatu bots, topi caping bambu segera di kenakan, begitu juga dengan istri Kasmarni dan rombongan lain.

Bupati Amril Mukminin dan istri Kasmarni yang juga Ketua TP PKK Bengkalis dan Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam ikut bersama petani panen raya

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Bupati Amril membuka panen raya padi itu, pada hitungan 1,2,3 Bupati Amril dan istri Kasmarni serta rombongan menyabit padi bersama petani. Padi yang disabit langsung diangkat tanda kegembiraan.

Setelah itu Bupati langsung merontokkan padi yang dipanennya di mesin perontok diikuti Plt Kadis Pertanian Riau, Ketua TP PKK Bengkalis Kasmarni dan Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam.

“Semasa kecil dulu kami sering ke sawah. Sekarang ke sawah lagi,” kelakar bupati di tengah sawah itu.

Disampaikannya, potensi pertanian di daerah ini cukup luar biasa. Sayangnya, minat generasi muda untuk bekerja di sektor pertanian sangat rendah. Belum lagi alih fungsi lahan sawah menjadi lahan sawit dan karet.

“Mari sama-sama doakan agar petani padi kita bisa memenuhi kebutuhan beras kita. Minimal untuk kabupaten Bengkalis. Kebutuhan beras Bengkalis saat ini hanya 37 persen yang bisa dipenuhi. 63 persennya lagi kita dapat dari luar Bengkalis,” ujar bupati

Berdasarkan informasi dari petani panen raya padi tersebut seluas 150 hektar, dimana yang panen saat itu hanya 50 hektar, dimana lahan yang digunakan masyarakat sekitar merupakan lahan milik PT. Chevron Pasific Indonesia yang dipinjam pemakaiannya.

Sebelum memanen, Bupati Bengkalis memberikan bibit padi yang merupakan bantuan dari Provinsi Riau dan handsprayer bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis kepada masyarakat.

"Tentunya hal tersebut akan dilakukan secara bertahap dan sesuai regulasi yang ada. Kami telah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian Bengkalis supaya dapat mengatur peruntukan lahan kepada masyarakat sesuai dengan potensi dan kegunaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diikuti dengan Peraturan Daerah, agar kedepannya Kabupaten Bengkalis bisa menjadi salah satu daerah yang menghasilkan pertanian, baik di tingkat Provinsi Riau hingga ke Nasional," tutur Amril Mukminin

Hadir dalam panen raya padi tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Riau Herman, Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam, Anggota DPRD Bengkalis Syafroni Untung dan Septian Nugraha, Asisten Pemerintahan dan  Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H. Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H. Tengku Zainuddin.

Lalu Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Haholongan, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bathin Solapan Wahyudin, Camat Pinggir Azuar, Camat Talang Muandau Nasrizal, Ketua TP PKK Mandau Dewi Asdinar, Kapolsek Mandau Kompol Arvin Haryadi, Danramil Mandau Kapten Arh. H. Sitorus, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa, Lurah, BPD dan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau.(Alif)

(136) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Minggu, 07/08/2016 - 07:47:18 WIB
Kirab Api PON 2016
Ribuan Personel Keamanan Diterjunkan Kawal Kirab Api PON 2016 Selama 11 Har
Sabtu, 25/04/2015 - 04:51:58 WIB
Eksekusi Hukuman Mati
10 Pejabat Kedubes Asing Dipanggil ke Nusakambangan
Selasa, 09/02/2016 - 01:21:32 WIB
Dugaan Korupsi Milyaran Rupiah
LSM Laporkan Satker SNVT.Dedi dan PPK, Rukun dan Irzami Ke KPK
Rabu, 17/09/2014 - 02:20:26 WIB
Pembibitan Ikan Secara Modern
Pemkab Pelalawan Kembangkan Pembibitan Ikan Secara Modern
Rabu, 25/06/2014 - 05:20:07 WIB
Capres- Cawapres Klarifikasi Harta ke KPK
Capres-Cawapres Prabowo-Hatta Klarifikasi Harta ke KPK
Rabu, 18/03/2015 - 02:45:45 WIB
PILKADA INHU
Bang Iskandar dan Mas Agus Pasangan Primadona Masyarakat Inhu, di Prediksi Saingan Berat Incumbent
Selasa, 17/02/2015 - 01:01:03 WIB
Miss Indonesia 2015
Maria Harfanti Terpilih Sebagai Miss Indonesia 2015
Sabtu, 19/03/2016 - 10:51:22 WIB
Anggota Kehormatan KAHMI
Mahhfud MD Usulkan Bupati H Suyatno Jadi Anggota Kehormatan KAHMI
Senin, 22/09/2014 - 09:38:10 WIB
"Gendutkan" Tagihan Rekening Listrik Warga
PLN Cabang Pekanbaru Diminta Tindak Tegas Manager Rayon Panam
 
HOME | OTONOMI | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF
INDEX | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright 2014-2018 RIAUMADANI.COM, All Rights Reserved